Barter Link

Best Wireless Network

Jika anda ingin membangun suatu jaringan wireless dari awal baik dirumah maupun di kantor, adalah sangat dianjurkan untuk membangunnya berdasarkan perangkat-perangkat dari jaringan wireless terbaik yang ada saat ini, yaitu yang menggunakan technology wireless terkini yang ada dipasaran saat ini – the best wireless network.

Untuk memilih the best wireless network yang mana yang terbaik saat ini tentulah perangkat atau technology yang memenuhi criteria terbaik dalam tiga area utama. Pertama, perangkat dan technology serta standard haruslah bisa memberikan jaringan wireless yang paling cepat. Kedua, perangkat wireless dan technology yang digunakan haruslah bisa memberikan jangkauan terpanjang / terjauh. Ketiga, standard keamanan jaringan wireless haruslah bisa memberikan jaringan paling aman untuk melindungi jaringan private anda terhadap segala aksi penyusupan dan ancaman.

The Best Wireless Network Dalam Hal Kecepatan

The best wireless network dalam hal kecepatan saat ini adalah standard wireless draft 2.0 802.11n. wireless –N ini adalah standard wireless yang ada dipasaran saat ini walau masih belum diratifikasi secara resmi, akan tetapi hampir semua pabrikan produsen jaringan telah mengadopsi standard ini kedalam jajaran produk mereka dan dilempar kepasaran. Produk-produk yang sudah dilempar kepasaran sudah banyak yang mengklain produknya bisa mencapai kecepatan ideal sampai 300 Mbps (tentunya dalam kondisi ideal). Akan tetapi hal ini adalah secara teoritis, dalam kenyataannya yang ada dipasaran tidak pernah mencapai kecepatan maksimum yang diklaim, sebut saja standard terdahulu dari 802.11b yang diklaim dengan kecepatan maksimal 11 Mbps dan 802.11g dengan 54 Mbps.

Wireless –N router tidak digaransi bisa jalan dengan standard final dari 802.11n jika standard ini sudah final dan diratifikasi dalam beberapa tahun kedepan. Akan tetapi kenapa kita harus menginvestasikan technology yang belum di rilis secara formal dengan kemungkinan tidak beroperasi dikemudian hari? Sebab, versi draft ini dijamin backward compatible dengan standard industry 802.11b/g tentunya yang sudah berlogo Wi-Fi Certified (b/g/n) dan bisa mengisi kekosongan celah dari technology jaringan wireless saat ini. Disamping itu, sudah diyakini oleh hampir semua pabrikan wireless saat ini bahwa jika saja saat nanti standard industry ini diresmikan menjadi standard jaringan wireless tercepat, sudah sangat santer dipercaya bahwa tidak aka nada perubahan hardware. Kalau toch ada perubahan itu hanya lah cukup meng-upgrade firmwarenya saja yang natinya bisa di download secara gratis dari website vendornya masing-masing. Bahkan beberapa produk wireless –n routers yang ada sekarang ini mempunyai fitur upgrade secara automatis jika ada update firmware terbaru jika terhubung dengan internet. Lihat juga beberapa jenis wireless –n routers terbaik yang ada dipasaran saat ini disini best wireless routers misal WRT610N dari Linksys, DIR-855 D-Link, WNDR7300 Netgear, dan TEW-672 TrendNet Gigabit Router.

The Best Wireless Network Dalam Hal Jangkauan

Memilih the best wireless network harus lah perangkat wireless dan technology yang bisa memberikan jangkauan jaringan wireless terjauh. Technology terkini (walaupun bukan baru) yang banyak diimplementasikan pada produk jaringan wireless adalah technology antenna yang cerdik yaitu technology MIMO (Multiple-in-multiple-out). Technology MIMO menggunakan beberapa antenna transmitter dan receiver untuk memperbaiki performa system jangkauan dan kecepatan. Teknology MIMO ini mengandalkan pada signal multipath – banyak arah. Signal multipath ini adalah sinyal pantulan yang datang pada receiver beberapa saat setelah sinyal transmisi LOS (line of sight) sampai. Teknologi ini bisa menciptakan signal yang kuat dan kecepatan maksimal dengan mengurangi dead spots.

Beberapa pabrikan wireless melengkapi produk mereka dengan technology MIMO ini atau beberapa technology penngembangan paten dari mereka untuk mencapai jangkauan terjauh. Sebut saja technology Extreme –N dari D-Link yang mengklaim mempunyai performa dengan kecepatan 14x lebih cepat dan jangkauan 6x lebih jauh dari standard yang bisa dicapai 802.11G.

The Best Wireless Network Dalam Hal Keamanan

Dalam memilih jaringan wireless, anda seharusnya memilih jaringan wireless yang bisa memberikan system keamanan / enkripsi jaringan terbaik dan terkuat saat ini – untuk melindungi kompromi jaringan. Sebagai aturan umum, anda harus memberikan tingkat perlindungan yang sebanding dengan tingkat sensitifitas dari data yang perlu anda lindungi. Tidak seperti dalam jaringan “wired” dimana kemanan secara fisik bisa dilindungi secara aman, jaringan wireless tidak dibatasi oleh fisik dimana dia ditempatkan atau didalam gedung yang kokoh. Sinyal wireless bisa dicapai bisa sejauh sampai 300 an meter dengan menggunakan laptop dan antenna penguat hi-gain jauh diluar gedung itu sendiri. Hal ini lah yang menjadikan jaringan wireless rentan terhadap segala macam penyusupan karena tidak dibatasi oleh gedung tempat dia berada.

Standard industry kemanan wireless saat ini adalah Wi-Fi Protected Access (WPA/WPA2) yang merupakan program certifikasi yang diciptakan oleh Wi-Fi Alliance untuk menunjukkan compliant terhadap protocol keamanan yang diciptakan oleh Wi-Fi Alliance untuk mengamankan jaringan wireless computer. protocol ini diciptakan seiring diketemukannya oleh para ahli banyaknya kelemahan system terdahululu WEP (Wired Equivalent Privacy).

Fitur lain yang perlu anda pertimbangkan dalam memilih perangkat wireless untuk the best wireless network adalah Quality of Services (QoS) yang memungkinkan pemberian prioritas data stream yang kita pilih.

Jika tanpa adanya QoS, wireless router kebanyakan – semua traffic wired dan wireless termasuk traffic VoIP, video streaming, Online Gaming, dan Web browsing digabung menjadi satu data stream. Dengan cara seperti ini, applikasi seperti video streaming bisa terjadi pause atau delay. Dengan technology Intelligent QoS, traffic wired dan wireless dianalisa dan dipisahkan kedalam beberapa data stream. Stream data ini kemudian dikatagorikan menurut sensitifitas terhadap delay, sehingga applikasi seperti VoIP, Video streaming, dan Online gaming diberikan prioritas diatas web browsing. Hal ini memungkinkan beberapa applikasi bisa berjalan halus pada TV atau PC anda.

Jika anda adalah jenis mereka yang suka online gaming, maka pilihan anda pada D-Link DGL 4500 dengan intelligent QoS adalah tepat karena memang khusus diciptakan oleh para gamers.

Terakhir dan bukanlah yang tidak berarti, anda mesti juga mempertimbangkan perangkat wireless yang mempunyai kemampuan dual-band untuk kedua band 2.4 GHz dan 5 GHz baik pada wireless access point. wireless routers, maupun pada clients wireless adapters. Dengan technology dual-band ini, memungkinkan anda mengecek email / browsing pada radio band 2.4 GHz sementara untuk streaming HD video, dan media HD lainnya pada radio band 5 GHz.

Tidaklah lengkap kiranya the best wireless network anda jika komputer anda tidak dilengkapi dengan system pertahanan anti-virus dan Windows update yang terkini.

0 komentar: