Barter Link

Tips Inject MDN Blackberry 8830

Mau share nih caranya inject nomer CDMA di Blackberry 8830, kalau untuk HH CDMA lainnya sih belum coba

1. Type ##000000 (Dial)
2. Di MDN (Mobile Destination Number), isi nomer yang akan di inject, jangan gunakan nol / 0 untuk CDMA Cellular (Fren, Smart), untuk CDMA FWA (Flexi, Esia, Hepi, StarOne) langsung isi no MDN saja, untuk kode are tidak perlu di isi.
3. Di bagian IMSI, silahkan IMSI untuk MDN tersebut, kalau di CDMA namanya MIN (Mobile Identification Number, biasanya diiringi dengan angka 198xxxx

4. Sisanya default.
5. A-Key, nah ini bagian yang cukup sulit, konsep inject itu sendiri adalah, mengawinkan MDN dengan ESN si HH / Handset. Biasanya di outlet-outlet yang terima inject, dia udah bekerja sama dengan operator setempat. Caranya adalah, kita kasi tau ESN dan MDN agar A-Key nya bisa tergenarate, total nomer yang akan diisi di field A-Key sebanyak 26
6. Di field bagian bawah adalah untuk aksed data (Usernam & Password), ini sama seperti kita isi Field APN di Option, Advance Option, TCP. Kalau di CDMA field ini yang akan diisi. Isi sesuai dengan pilihan operator masing.
7. Tekan Blackberry Menu (lambang blackberry) pilih SAVE, nanti dia akan merestart HH secara otomatis.

Note :
Bagian yang paling tersulit adalah, mensetting PRL untuk HH kita, ini dibutuhkan software khusus, karena sampai sekarang saya masih belum menemukan key untuk mengeluarkan menu PRL.
Mungkin teman-teman ada yg menggunakan handset CDMA keluaran Nokia, pernah mengalama kejadian Roaming (lambang segitiga) dibagian atas. Kenapa ini bisa terjadi? Karena pada handset CDMA keluaran Nokia, semua PRL operator CDMA di Indonesia didaftarkan, begitu kita ga dapet signal, si handset akan mencari signal terkuat berdasarkan PRL yang ada di memorynya (Sequence)
Untuk Blackberry tidak demikian, karena di Amerika sendiri, mereka sudah pasti akan meregister unit-unit mereka dengan settingan PRL mereka masing-masing. Jadi tidak akan terjadi overlapping.

0 komentar: