Barter Link

Blue Ray Technology

Perkembangan technology berkembang cukup pesat, dimana segala hal yg dulu sulit sekarang menjadi mudah karena technology.
kali ini kartolocyber mau membahas sedikit soal alat penyimpanan data nih. Zaman dulu kita pake disket, punya disket j bangganya minta ampun, setelah itu berpindah ke CD.
masa jayanya CD lumayan lama juga sih sebelum muncul DVD yang mampu menyimpan data sebesar 4,5Gb. DVD belum lama berjaya muncul technology Blue ray..
nah sekarang saya akan mengenalkan sedikit tentang blue ray, let's read bellow blogger..



Sekarang ini sudah dikembangkan Sinar Laser Biru (Blue Ray Laser) yang mempunyai keunggulan lebih dibandingkan Sinar Laser Merah.Dengan sendirinya akan membutuhkan kapasitas penyimpanan data yang besar dan kecepatan trnsfer data yang tinggi hingga 30 Gb pada disk single side atau lebih dari 50 Gb pada disk Single Side Double Layer.Tekhnologi ini juga nanti di aplikasikan pada beberapa perangkat termasuk PC.

Beberapa keunggulan Blue Ray:
1.Sinar biru(Blue Ray)memanfaatkan semi konduktor laser biru ungu yang memiliki panjang gelombang 505 nm, yang fokusnya bisa lebih kelat dari pada Red Laser(sinar merah).Ini memungkinkan Blue Ray untuk menulis lebih banyak data dalam disk 12cm yang sama.

2.Capasitas penyimpanan Blue Ray cukup besar dari 27Gb Single Disk Side hingga 50Gb Single Side Double Layer Disk.

3.Aliran data berkecepatan 3mMb, cukup cepat untuk perekaman video berkualitas tinggi.

4.Sebuah Single Side Blue Ray mampu menyimpan 13 jam data video standard.Bandingkan dengan DVD Single Side yang biasanya mampu menyimpan 133 menit data video.

Seperti telah dijelaskan bahwa tekhnologi ini menggunakan sebuah laser biru-ungu dengan panjang gelombang pendek.Semakin pendek panjang gelombang cahaya maka, akan mempengaruhi kemampuan untuk menyimpan dan mengakses data secara signifikan.Sinar laser dengan panjang gelombang yang pendek, memungkinkan sebuah item Single dari data dapat disimpan dalam ruang yang lebih kecil.Hal ini Blue Ray berhasil meminimalkan "Beam Spot" dengan membuat "Numerical Aperture" (NA) pada bidang lensa yang mengumpulkan laser 0,85.Sebagai tambahan, karema menggunakan stuktur base dengan 0,1mm transmittance optical laser, Blue Ray dapat dapat mengurangi penyimpanan akibat kemiringan base, hal ini juga memungkinkan base untuk dibaca dengan lebih baik dan dapat meningkatkan densitas perekaman.Picth Tracking pada Blue Ray disk juga berkurang menjadi 0,32um, hampir setengah dari ukuran DVD Convensional.Akibatnya Blue Ray mampu menyimpan rekaman data, baik hight decity hingga 27 Gb pada Disk Single Side.Disamping itu Blue Ray juga memanfaatkan standard global dari tekhnologi comprasy "MPEG-2 Transport Stream".Maka memiliki compatibytas yang tinggi dengan digitas Broad Casting(penyiaran)untuk perekaman video.Ditambah dengan kecepatan transfer data yang tinggi mencapai 36 Mbps, memungkinkan Blue Ray mampu merekam siaran high devinition dari sebuah digital camera dengan kualitas yang tetap terjaga.

0 komentar: